Abstract:
Abstrak
Kunci determinasi berbasis Kunci Dikotomi merupakan suatu alat atau media yang
diciptakan khusus untuk memperlancar pelaksanaan pendeterminasian tumbuh-tumbuhan dalam upaya menanamkan konsep tumbuhan. Kunci Identifikasi Tumbuhan yang selama ini
dipergunakan di sekolah atau perguruan tinggi adalah dari Stenis (2003) dan Backer &
Bakhoizen (1995). Penelitian ini bertujuan mengembangkan menjadi Kunci Identifikasi Tumbuhan tersebut menjadi media berbentuk “Kipas Berkode” yang praktis dan efektif dalam
pembelajaran tumbuhan tinggi. Pada dasarnya “Kipas Berkode” memiliki dua muka yang akan
dimodifikasi sebagai dikotomi. Lembaran kipas dengan dua muka ini berisi tentang gambar atau
sketsa ciri-ciri morfologi tumbuhan yang akan diamati. Jenis penelitian yang digunakan adalah
Penelitian dan Pengembangan (R&D) yang dimodifikasi dari Borg dan Gall (1993). Kepraktisan
ditunjukkan oleh respon dosen pengampu dan mahasiswa pada uji coba produk dan kefektifan
ditunjukkan oleh hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan kunci dikotomi “Kipas
Berkode”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kunci dikotomi yang dikembangkan adalah
praktis dan efektif. Kepraktisan yang ditunjukkan oleh respon dosen pengampu dan mahasiswa
dengan katagori sangat baik. Sedangkan kefektifan yang ditunjukkan oleh keefektifan dinilai
dari hasil belajar adalah terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan dari rata-rata nilai Pre
Test dan Post Test dengan nilai N-gain tinggi atau peningkatan penguasaan konsep setelah
pembelajaran dengan katagori tinggi.