Abstract:
Abstrak.
Bahan ajar adalah merupakan salah satu media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Kegiatan belajar mengajar tidak hanya berlangsung di dalam kelas namun juga bisa dilakukan di luar kelas dengan memanfaatkan potensi lokal daerah seperti lingkungan lahan basah di Kawasan Wisata Air Terjun Bajuin. Reptilia di Kawasan Wisata Air Terjun Bajuin telah diidentifikasi secara ilmiah dan dikembangkan sebagai sumber belajar berupa bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan potensi reptil menjadi media pembelajaran biologi yang praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang dimodifikasi dari Borg dan Gall dengan subjek penelitian terdiri dari 6 orang siswa kelas X MS 3 SMA N 1 Pelaihari, observer 2 orang dan guru mitra 1 orang. Kepraktisan bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini ditunjukkan oleh keterlaksanaan penggunaan bahan ajar, aktivitas siswa dan respon siswa pada uji coba produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan yaitu Reptilia di Kawasan Wisata Air Terjun Bajuin sebagai media pembelajaran biologi dinyatakan cukup praktis digunakan, yang ditunjukkan oleh penilaian keterlaksanaan penggunaan bahan ajar yang dinyatakan cukup baik digunakan (3,35%), hasil rata-rata aktivitas siswa dalam menggunakan bahan ajar tinggi dengan rata-rata 80,83% dan respon siswa dalam penggunaannya direspon positif (90,67%).