Abstract:
Abstrak.
Macromedia flash dapat digunakan menjadi salah satu yang dikembangkan. Jenis data kepraktisan adalah data kuantitatif berupa media interaktif untuk pembelajaran. Bahan ajar yang disusun dapat diintegrasikan ke dalam macromedia flash sehingga dapat dibentuk media yang dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman peserta didik terkait materi yang diajarkan. Media pembelajaran harus bisa dengan mudah digunakan oleh
peserta didik agar dalam proses pembelajaran peserta didik tidak kesulitan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepraktisan media pembelajaran yang telah dikembangkan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model evaluasi formatif Tessmer (1993) yang berfokus terhadap praktikalitas produk. Pada penelitian ini hanya dilakukan uji kelompok kecil dan uji lapangan saja untuk mengetahui kepraktisan harapan dan kepraktisan aktual media pembelajaran yang dikembangkan. Teknik pengumpulan data kepraktisan harapan melalui angket uji kepraktisan media pembelajaran oleh mahasiswa pada uji kelompok
kecil dan pengumpulan data kepraktisan aktual pada uji lapangan dengan menggunakan angket respon mahasiswa. Data pada instrumen angket uji kepraktisan yang telah diisi kemudian dianalisis secara kuantitatif dengan melakukan perhitungan skor total untuk seluruh indikator yang kemudian dianalisis dengan rumus untuk mengetahui nilai kepraktisannya. Berdasarkan hasil uji kepraktisan dapat diketahui bahwa media yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik.