Abstract:
Abstrak:
Perubahan kurikulum menuntut siswa untuk lebih aktif, kreatif, dan cinta alam. Maka penambahan sumber belajar juga harus ditekankan, agar tidak kurangnya informasi yang dipelajari siswa. Sumber belajar merupakan komponen sistem pembelajaran yang dirancang, dipilih, dimanfaatkan untuk mewujudkan pembelajaran yang lengkap dan terkontrol. Pemanfaatan potensi lokal mampu menjadi rujukan sumber belajar siswa, pada materi Vertebrata. Materi Vertebrata merupakan salah satu materi yang mudah dijumpai di lingkungan sekitar. Salah satu jenis Vertebrata yang mudah dijumpai adalah ikan. Sungai Panjaratan merupakan salah satu sungai yang memiliki cukup banyak ikan yang dapat berpotensi digunakan sebagai tambahan rujukan sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pengembangan bahan ajar jenis Ikan di Sungai Panjaratan yang valid. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan. Penelitian ini berisi tentang bagaimana mengembangkan bahan ajar dengan beberapa tahap seperti validasi oleh ahli, dan juga merevisi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3 dosen Universitas Lambung Mangkurat dan siswa SMAN 1 PELAIHARI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar dibuat cukup valid berdasarkan ahli validasi (81,2%) dan guru mitra (87,9%), dan hasil pengujian menunjukkan keterbacaan siswa layak untuk bahan ajar yang digunakan.