Abstract:
ABSTRAK
Kunci determinasi berbasis Kunci Dikotomi merupakan suatu alat atau media yang diciptakan khusus untuk memperlancar pelaksanaan pendeterminasian tumbuh-tumbuhan dalam upaya menanamkan konsep tumbuhan. Kunci Identifikasi Tumbuhan yang selama ini dipergunakan di sekolah atau perguruan tinggi adalah dari Stenis (2003) dan Backer &
Bakhoizen (1995). Penelitian ini bertujuan mengembangkan menjadi Kunci Identifikasi
Tumbuhan tersebut menjadi media berbentuk “Kipas Berkode” yang praktis dan efektif dalam pembelajaran tumbuhan tinggi. Pada dasarnya “Kipas Berkode” memiliki dua muka yang akan dimodifikasi sebagai dikotomi. Lembaran kipas dengan dua muka ini berisi tentang gambar atau sketsa ciri-ciri morfologi tumbuhan yang akan diamati. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) yang dimodifikasi dari Borg dan Gall (1993). Kepraktisan ditunjukkan oleh respon dosen pengampu dan mahasiswa pada uji coba produk dan kefektifan ditunjukkan oleh hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan kunci dikotomi “Kipas Berkode”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kunci dikotomi yang dikembangkan adalah praktis dan efektif. Kepraktisan yang ditunjukkan oleh respon dosen pengampu dan mahasiswa dengan katagori sangat baik. Sedangkan kefektifan yang ditunjukkan oleh keefektifan dinilai dari hasil belajar adalah terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan dari rata-rata nilai Pre Test dan Post Test dengan nilai N-gain tinggi atau peningkatan penguasaan konsep setelah pembelajaran dengan katagori tinggi.