Description:
Proses belajar sangat erat kaitannya dengan pola perilaku siswa dalam mempelajari bahan pelajaran, sedangkan hasil belajar berkaitan dengan perubahan perilaku yang diperoleh sebagai pengaruh dari proses belajar. Dengan kata lain, bagaimana seharusnya siswa belajar, akan sangat ditentukan oleh hasil apa yang ingin dicapai oleh siswa. Proses pembelajaran merupakan suatu sistem, dengan demikian keberhasilannya ditentukan oleh berbagai komponen yang membentuk sistem tersebut. Diantara sekian banyak komponen yang berpengaruh tersebut, komponen guru merupakan salah satu komponen yang menentukan, sebab guru merupakan ujung tombak yang secara langsung berhubungan dengan siswa sebagai objek dan subjek belajar. Oleh sebab itu guru mampu memberikan pengaruh apakah proses pembelajaran itu berkualitas atau tidak. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan meningkatkan profesionalitas guru. PTK dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pendidikan terutama proses dan hasil belajar siswa di kelas. Penelitian tindakan kelas (PTK) secara khusus memberikan peluang bagi seorang guru untuk mengembangkan kinerja sebab metode penelitian ini memposisikan guru sebagai peneliti dengan pola kerjanya yang bersifat kolaboratif.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Sumanggi Kecamatan Batang Alai Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan seluruh guru yang ada disana menjadi subjek penelitian. Prosedur pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa (1) sebagian besar guru paham tentang gambaran umum PTK. Namun guru-guru hanya sebatas mengetahui pengertian secara garis besar. Untuk konteks lebih khususnya mereka masih banyak yang belum mengerti mengenai PTK; (2) Dari total sepuluh guru yang ada di sekolah tersebut termasuk kepala sekolah, hanya tiga orang yang pernah membuat PTK; (3) Solusi atas kendala yang terjadi selama pelaksanaan PTK yaitu manajemen waktu,guru harus mau dan mampu untuk belajar, mengikuti pola sesuai dengan kebutuhan penelitian tersebut, mencari sumber referensi yang lebih banyak lagi, memperbanyak wawasan dengan membaca, menciptakan cara mengajar yang bervariasi, jangan pernah merasa puas dengan ilmu yang dimiliki sekarang.