Description:
Kesiapan sekolah dasar inklusif di Kota Banjarmasin merupakan hal yang sangat esensial untuk dikaji lebih mendalam, sebab kesiapan sekolah dasar inklusif di kota Banjarmasin akan menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam pencapaian visi dan misi pemerintah mewujudkan kota Banjarmasin menuju inklusif. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang kesiapan sekolah dasar inklusif di Kota Banjarmasin baik secara umum maupun ditinjau dari aspek kelembagaan, guru dan sarana dan prasarana
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Sumber data dalam penelitian ini yaitu 10 orang kepala sekolah dasar inklusif di Kota Banjarmasin dan sumber data sekunder yaitu dokumentasi, foto, catatan hasil kegiatan dan surat-surat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian yang dilakukan di Sekolah Dasar Inklusif di Kota Banjarmasin menunjukan bahwa secara umum kesiapan sekolah dasar inklusif di Kota Banjarmasin dengan pengambilan sampel 10 sekolah, mayoritas menunjukkan kategori kesiapan sedang dengan rincian terdapat tiga sekolah termasuk dalam kategori kesiapan baik, satu sekolah termasuk dalam kategori kesiapan kurang, dan enam sekolah termasuk kategori kesiapan sedang. Sehubungan dengan itu ditinjau dari masing-masing aspek diketahui bahwa: (1) ditinjau dari aspek kelembagaan, terdapat 2 sekolah yang memiliki kategori kesiapan sangat baik, 4 sekolah yang memiliki kategori kesiapan baik dan 4 sekolah yang memiliki kategori kesiapan sedang, (2) ditinjau dari aspek guru, terdapat 2 sekolah yang memiliki kategori kesiapan sangat baik, 3 sekolah yang memiliki kategori kesiapan baik dan 5 sekolah yang memiliki kategori kesiapan sedang, (3) ditinjau dari aspek sarana dan prasarana, terdapat 2 sekolah yang memiliki kategori kesiapan sedang, 2 sekolah yang memiliki kategori kesiapan kurang dan 6 sekolah yang memiliki kategori kesiapan sangat kurang.
Kata kunci: Kesiapan Sekolah Dasar Inklusif, Sekolah Dasar Inklusif di Kota Banjarmasin