Description:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi strategi REACT dalam
mengembangkan kemampuan representasi, penalaran, dan disposisi matematis. Penelitian ini adalah penelitian
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa SMP kelas VIII di Bandung. Teknik
pemilihan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan
bahwa strategi REACT dapat diterapkan untuk mengembangkan kemampuan representasi, penalaran, dan
disposisi matematis yang melibatkan siswa secara aktif. Implementasi strategi REACT berjalan dengan lancar dan
mendapatkan respons antusias dari siswa. Penerapan strategi REACT hendaknya dilakukan secara berkelanjutan
agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan mengintegrasikan berbagai kemampuan matematis yang
mumpuni.
Kata kunci: Strategi REACT, Kemampuan Representasi, Penalaran, Disposisi Matematis.