Description:
Abstrak: Sekarang ini nilai-nilai karakter semakin memudar, sehingga pendidikan
karakter perlu diterapkan salah satunya melaui pendidkan sekolah khususnya karakter
kreatif dan tanggung jawab. Model pembelajaran group investigation adalah model
yang dapat membina karakter kreatif dan tanggung jawab. Tujuan penelitian ini adalah
membina karakter kreatif dan tanggung jawab serta memperbaiki hasil belajar siswa
dengan mengunakan penerapan model pembelajaran group investigation dan menganalisis hubungan antara karakter kreatif dan tanggung jawab dengan hasil belajar.
Metode penelitiannya adalah quasi eksperimen. Sampel penelitiannya adalah siswa
kelas VIIIB SMPN 1 Banjarmasin. Teknik mengumpulkan data dengan observasi kelas
dan tes uraian. Teknik penyelidikan data fakta dengan memakai statistika penjabaran
dan inferensial. Hasil penelitian menunjukan model pembelajaran group investigation
dapat membina karakter kreatif dan tanggung jawab siswa serta bisa memperbagus
nilai siswa, ada kaitan antara perilaku kreatif dan tanggung jawab dengan nilai siswa.
Kata Kunci: group investigation; kreatif; tanggungjawab