Description:
Materi ajar yang berorientasi lingkungan lahan basah belum tersedia di
sekolah. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan tujuan mendeskripsikan kelayakan
materi ajar IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif berorientasi lingkungan
lahan basah. Tujuan khusus penelitian adalah mendeskripsikan: (1) validitas materi ajar,
(2) kepraktisan materi ajar, dan (3) efektivitas materi ajar. Jenis penelitian adalah
penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE.
Subjek ujicoba adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 27 Banjarmasin. Data diperoleh
melalui lembar validasi, lembar pengamatan keterlaksanaan RPP, tes hasil belajar dan
lembar kerja siswa. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil
penelitian menunjukkan: (1) validitas materi ajar berkategori valid, (2) kepraktisan materi
ajar berkategori baik, dan (3) efektivitas materi ajar berdasarkan hasil belajar produk
berkategori sedang dan berdasarkan hasil belajar proses berkategori baik. Simpulan
penelitian adalah materi ajar IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif
berorientasi lingkungan lahan basah layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci: Materi ajar, pembelajaran kooperatif, lahan basah.