Description:
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan media e-learningberbasis schoology. Tujuan penelitian secara khusus untuk mendeskripsikan: (1) validitas media, (2) kepraktisan media, dan (3) efektivitas media.Jenis penelitian ini adalahResearch & Development(R&D)model ADDIE. Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 6 Banjarmasinberjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi media, lembar keterlaksanaan RPP, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) validitas media diperoleh skor 3,94 berkategori valid, (2) kepraktisan media diperoleh skor 3,77 berkategori sangat praktis, dan (3) efektivitas media diperoleh skor 0,41 berkategori sedang. Simpulan penelitian ini adalah pengembangan e-learningberbasis schoologypada materi impuls dan momentum untuk melatihkan literasi digital layak digunakan padapembelajaran.Kata Kunci:e-learning, schoology,literasi digital