Description:
Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi implementasi dari nilai- nilai kearifan lokal apa saja yang dilaksanakan dalam pembelajaran bahasa Inggris di Kota Banjarmasin dan untuk mengeksplorasi model pembelajaran Bahasa Inggris dalam rangka mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal agar peserta didik bersikap positif terhadap pentingnya menjaga nilai- nilai kearifan lokal. Kebermanfaatan penelitian ini setidaknya mencakup dua aspek baik dalam konteks teoritis maupun praktis. Secara teoritis, hasil penelitian ini dapat memberikan sebuah pandangan baru terkait pendekatan dalam menjaga dan mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal melalui pembelajaran bahasa Inggris. Secara praktis, hasil penelitian ini memberikan sumbangan konkret tentang strategi pembangunan kesadaran menjaga kearifan lokal melalui pembelajaran bahasa Inggris. Studi yang diteliti adalah kajian rencana pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris berkearifan lokal di Kota Banjarmasin dengan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah guru dan siswa di SMA Negeri di Kota Banjarmasin. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis isi (content analysis), yaitu suatu analisis terhadap isi yang diperoleh dari kuesioner. Kata kunci: Nilai-nilai Kearifan Lokal, Pembelajaran Bahasa Inggris