Description:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memperoleh instrumen untuk mengukur kemampuan representasi matematis yang valid dan reliabel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Proses pengembangan instrumen ini, di antaranya kajian literatur, perancangan instrumen, validitas teoritis, validitas empirik, dan analisis data. Validitas teoritis dilakukan dengan dua cara, yaitu instrumen dibaca terbatas oleh lima siswa yang telah memperlajari materi yang dipilih dalam penelitian dan instrumen dibaca oleh ahli yang menjadi validator instrumen. Validitas empirik dilakukan pada siswa SMP kelas 9 di Bandung. Penelitian ini telah menghasilkan instrumen terdiri dari 3 butir yang valid dan reliabel untuk mengukur kemampuan representasi matematis. Berdasarkan data empirik diperoleh data bahwa koefisien reliabilitas instrumen kemampuan representasi matematis adalah 0,56 (lebih dari 0,41) yang tergolong pada tingkat reliabilitas sedang. Ini artinya, instrumen tes kemampuan representasi matematis tersebut valid dan reliabel, sehingga dapat diklasifikasikan sebagai instrumen yang baik.
Kata Kunci. pengembangan, instrumen, kemampuan representasi matematis