Description:
Sebagian besar pembelajaran yang diterapkan oleh guru adalah pembelajaran konvensional. Hal ini menyebabkan siswa terbiasa bergantung pada guru dalam memahami pelajaran dan beranggapan bahwa guru satu-satunya sumber ilmu. Sehingga siswa kurang mempunyai kesadaran dalam berusaha sendiri untuk memahami isi pelajaran dengan membaca sumber materi. Dengan demikian salah satu tugas guru adalah menggunakan pengajaran matematika yang mampu melatih siswa belajar langsung pada sumbernya dengan kemampuannya sendiri yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Quick on The Draw. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian tentang implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Quick on The Draw dengan tujuan mengetahui hasil belajar siswa, respon siswa dan perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada ujian tengah semester genap dengan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Quick on The Draw. Penelitian ini dirancang dan dilaksanakan dengan menggunakan penelitian deskriptif dengan sampel siswa kelas VIII D SMPN 6 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan, angket. Teknik analisis data menggunakan perhitungan nilai rata-rata hasil belajar siswa, persentase, standar deviasi, uji pendahuluan, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Quick on The Draw hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas VIII D SMPN 6 Banjarmasin tahun pelajaran 2012-2013 berada pada kualifikasi amat baik. Siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Quick on The Draw. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada ujian tengah semester genap dengan hasil belajar setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Quick on The Draw.
Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Quick on The Draw, hasil belajar, respon siswa