Description:
Kajian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja kerjasama antara kepala sekolah dan komite sekolah dalam
mewujudkan pelaksanaan pendidikan berbasis masyarakat. Penelitian ini disebut penelitian survei dengan
instrumen kuesioner sebagai alat pengumpul data. Sampel diambil secara random sampling dari beberapa
kepala sekolah dan komite sekolah di Kalimantan Selatan. Analisis data adalah deskriptif kualitatif. Hasil
kajian ini menunjukkan bahwa kinerja kerjasama antara komite sekolah dan kepala sekolah tidak sesuai
dengan semangat Kepmendiknas Nomor 44 tahun 2002 dimana regulasi ini mendorong kepala sekolah
dan komite sekolah seharusnya membangun kerjasama dalam merancang pendidikan di sekolah yang
dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, hingga tahap refleksi. Hal ini dipengaruhi
lemahnya pemahaman tentang peraturan pemerintah tentang kerjasama secara mutual.
Kata Kunci: Kerjasama, komite, dan masyarakat