Istiyanti, Eni; Fivintari, francy Risvansuna; Kamardiani, Diah Rina; Saputra, Deni Irfan
Description:
Penelitian Efisiensi Pemasaran Emping Melinjo di Kabupaten Bantul bertujuan untuk mendeskripsikan saluran
pemasaran emping melinjo, mengetahui marjin dan keuntungan pemasaran serta menganalisis efisiensi pemasaran
emping melinjo. Penentuan responden pengrajin emping melinjo secara sensus sedangkan penentuan pedagang
menggunakan metode snow ball sampling. Studi lapangan untuk mendapatkan data primer dilakukan melalui interview
dengan pengrajin emping melinjo yang berjumlah 51 orang dan pedagang emping melinjo berjumlah 30 orang meliputi
pedagang pengumpul, pedagang besar dan pedagang pengecer. Efisiensi pemasaran dianalisis menggunakan Producer‟s
Share dan Rasio antara biaya pemasaran dengan harga jual. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 4 saluran
pemasaran, yaitu I (produsen – konsumen), II (produsen – pedagang pengecer – konsumen), III (produsen – pedagang
pengumpul – pedagang pengecer – konsumen), IV ( produsen – pedagang pengumpul – pedagang besar – pedagang
pengecer – konsumen). Marjin dan keuntungan pemasaran terbesar terdapat pada saluran pemasaran IV. Saluran
pemasaran yang paling efisien adalah saluran II.
Kata kunci: Saluran pemasaran, marjin, efisiensi, producer‟s share