Description:
Minimnya LKS dan Media IPA berbasis keterampilan berfikir kritis dan kreatif melatarbelakangi penelitian yang bertujuan menghasilkan LKS dan Media IPA yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis dan kreatif siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain four D Model. Subyek penelitian 90 siswa kelas VIII SMPN 1 Banjarmasin dan 44 siswa kelas IX SMPN 1 Aluh-Aluh. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian kelayakan, observasi, tes keterampilan berfikir kritis dan kreatif, dan angket respon siswa. Sedangkan teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) LKS dan media memenuhi kelayakan digunakan untuk melatihkan keterampilan berfikir kritis dan kreatif karena memenuhi aspek-aspek validasi, (2) LKS dan Media pembelajaran yang dikembangkan secara umum dapat melatihkan keterampilan berfikir kritis dan kreatif siswa, (3) Respon siswa terhadap LKS dan Media berbasis keterampilan berfikir kritis dan kreatif secara umum dalam kategori baik, dan (4) Kelemahan selama penelitian diantaranya kesulitan mencari bahan pembuatan media, media bergambar tulisan tangan sehingga akan lebih menarik jika dengan desain komputer, dan sebagian besar siswa belum terbiasa berfikir kritis kreatif.
Kata Kunci: LKS dan Media, Keterampilan Berfikir Kritis dan Kreatif