Description:
Program bimbingan dan konseling yang ada di sekolah salah satunya kegiatan pemberian layanan konseling kelompok. Pemberian layanan ini untuk membantu siswa memecahkan masalah yang dialaminya sehingga siswa mampu mengembangkan potensi dirinya dan menjadi pribadi mandiri. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui sejauhmana keberhasilan konseling kelompok di SMA Negeri 1 Mandastana, Barito Kuala. Program layanan konseling kelompok di evaluasi dengan menggunakan model CSE-UCLA yang terdiri dari empat tahap yaitu: (1) Need Assesment, (2) Program Planning, (3) Formative Evaluation, (4) Summative Evaluation. Evaluasi terhadap program layanan konseling kelompok selain untuk mengetahui keberhasilan proses, pencapaian tujuan, juga untuk melakukan follow up sehingga dapat meningkatkan kualitas program. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian adalah evaluasi program dengan menggunakan model CSE-UCLA. Objek penelitian ini adalah program layanan konseling kelompok di SMA Negeri 1 Mandastana, Barito Kuala. Subyek penelitian adalah konselor dan siswa SMA Negeri 1 Mandastana, Barito Kuala. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan triangulasi data yaitu: dokumentasi, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan, layanan konseling kelompok yang dilakukan di SMAN 1 Mandastana, Barito Kuala sudah berjalan sesuai prosedur konseling kelompok.
Kata Kunci: evaluasi program, model CSE-UCLA, konseling kelompok