Description:
Abstraksi: Kecemasan dalam menghadapi ujian nasional merupakan salah satu ketakutan yang terbesar yang dialami oleh siswa. Kecemasan ini menghasilkan pengaruh yang negatif terhadap berbagai aspek kehidupan, salah satunya aspek akedemis. Penanganan kecemasan antara satu individu dengan individu lainya dapat berbeda tergantung pada penilaian pribadi individu terhadap kemampuannya yang disebut dengan self-efficacy . Self-efficacy akan mempengaruhi cara individu bereaksi terhadap situasi yang menekan (Bandura, 1997).
Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat korelasional, yaitu jenis penelitian yang menerangkan sejauh mana dua atau lebih variabel berkorelasi yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-efficacy dengan kecemasan siswa kelas XII dalam menghadapi ujian nasional. Metode penelitian ini bersifat kuantitatif.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII tahun ajaran 2012/2013. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 110 siswa. Teknik penarikan sampelnya meggunakan Stratified Random Sampling. Penelitian ini menggunakan dua buah skala ukur, yaitu skala self-efficacy dan skala kecemasan menghadapi ujian nasional.
Analisa penelitian menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan
hasil analisa ditemukan bahwa terdapat hubungan yang negative atau berlawanan arah antara
self-efficacy dengan kecemasan dalam menghadapi ujian nasional dengan nilai