Description:
Penelitian ini fokus terhadap perilaku hiperaktif sehingga anak down syndrome kelas II SDLB YPLB banjarmasin mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran dan kegiatan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah sejauh mana peran media permainan wiregame dalam meningkatkan duduk tenang pada anak down syndrome Kelas II SDLBYPLB Banjarmasin. Metode penelitian ini adalah metode SSR (single subject research), desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain A-B-A. Subject pada penelitian ini adalah satu orang siswa Down Syndrome kelas II SDLB YPLB banjarmasin yang berinisial F. Teknik analisis menggunakan analisis statistik deskriftif. Hasil penelitian menunjukan bahwa media permainan wiregame dapat mengerangi perilaku hiferaktif dengan meningkatkan kemampuan duduk tenang anak Down Syndrome kelas II SDLB YPLB Airmantan Banjarmasin. Saran bagi peneliti selanjutya diharapkan dapat melakukan penelitian lanjutan tentang media permainan wiregame pada anak berkebutuhan khusus lainnya tidak hanya anak Down Syndrome, bagi guru handaknya mengajar siswa yang mengalami hambatan dalam perilaku yang berlebihan dengan menggunakan media salah satunya media permainan wiregame.