Description:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan peningkatan hasil aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa melalui model Direct Instruction kombinasi dengan Team Game Tournament (TGT) pada materi sifat bangun ruang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kuin Cerucuk 3 Banjarmasin tahun ajaran tahun ajaran 2014/2015 semester 2. Hasil penelitian ini adalah penerapan model Direct Instruction kombinasi dengan Team Game Tournament (TGT), dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kuin Cerucuk 3 Banjarmasin pada materi sifat bangun ruang. Adapun langkah pelajarannya dapat dijelaskan sebagai berikut: (1) menyampaikan kompetensi, (2) presentasi kelas, (3) siswa bekerja kelompok, (4) pelatihan awal, (5) memberikan bimbingan kelompok, (6) membahas hasil diskusi, (7) melaksankan game turnamen, (8) memberikan penguatan, (9) melakukan evaluasi.
Kata kunci: Hasil Belajar, Sifat Bangun Ruang, Model Direct Instruction, Model Team Game Tournament (TGT).