Description:
Telah dilakukan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan media piring plastic dalam rangka meningkatkan kemampuan peserta didik melakukan tahapan gerakan lempar cakram. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Bongkang yang berjumlah 13 orang pada semester genap tahun
pelajaran 2012/2013. Jenis instrumen yang digunakan dalam tindakan kelas ini adalah observasi hasil belajar peserta didikdengan melalui tes perbuatan. Analisis dan refleksi data digunakan interpretasi persentasi berdasarkan hasil observasi dan nilai tes perbuatan peserta didik pada setiap siklus dan pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar melalui tes perbuatan yang dilaksanakan pada pertemuan I dan pertemuan II menunjukkan peningkatan secara signifikan. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata siklus I pertemuan 1 yaitu 68,26, pada pertemuan 2 menjadi 73,56 dan pada siklus II pertemuan 1, menjadi 76,44, yang berarti
berada di atas indikator yang diharapkan. Atas temuan tersebut, maka penelitian ini dapat dinyatakan berhasil dan tujuan pembelajaran yang ditetapkan tercapai.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media piring plastik dapat meningkatkan hasil belajar lempar cakram pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Bongkang.
Kata Kunci : Modifikasi, Kemampuan, Lempar dan Piring Plastik