Description:
Pendidikan jasmani merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan pada pendidikan formal baik SD, SMP/MTs, SMA/MA. Senam lantai guling ke depan merupakan salah satu olahraga yang ada pada kurikulum sekarang yaitu kurikulum KTSP. Dalam pembelajaran senam lantai guling ke depan juga terdapat kesulitan - kesulitan yang dirasakan oleh siswa yaitu sulit pada impact dengan matras sebagian besar siswa menggunakan kepala bukan dengan tengkuk.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang melalui tiga siklus . Subyek penelitian adalah peneliti sendiri sebagai guru pendidikan jasmani siswa kelas VII B SMPN 2 Kota Banjarbaru. Jumlah siswa yang ada dikelas tersebut sebanyak 35 siswa.
Hasil penelitian menunjukan: (1) dalam siklus 1 masih ada siswa yang melakukan kesalahan mendasar seperti mengangkat tumit, menekuk siku, menekuk leher/menundukan kepala hingga tengkuk menumpu pada matras sebanyak 13 siswa. (2) dalam siklus II menunjukan siswa yang melakukan kesalahan mendasar saat melakukan gerakan senam lantai guling ke depan berkurang menjadi 9 siswa. (3) dalam siklus III menunjukan bahwa secara keseluruhan siswa sudah bisa melakukan gerakan senam lantai guling ke depan dengan baik dan benar. Hasil ini didapatkan karena dengan memberikan bantuan dan dengan meninggikan matras untuk tempat berpijak dari tempat tangan bertumpu.
Kata kunci: media matras, variasi pembelajaran, senam lantai guling ke depan