Description:
ABSTRAK
Pada proses perangkat pembelajaran di sekolah dinilai masih kurang layak. Hal ini berimplikasi
pada keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa yang rendah. Untuk itu dilakukan
pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing yang memiliki
tujuan khusus: (1) mendeskripsikan validitas perangkat pembelajaran, (2) mendeskripsikan
kepraktisan perangkat pembelajaran yang ditinjau dari keterlaksanaan RPP, (3) Mendeskripsikan
efektivitas perangkat pembelajaran yang ditinjau dari hasil belajar kognitif siswa, dan (4)
mendeskripsikan pencapaian keterampilan proses sains siswa. Pada penelitian ini model yang
digunakan model Dick and Carey. Instrumen yang dikembangkan berupa RPP, LKS, THB dan
Materi ajar. Teknik pengumpulan data berupa validasi perangkat pembelajaran, pengamatan
keterlaksanaan RPP, pengamatan KPS siswa, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data berupa
deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) validitas perangkat
pembelajaran berkategori valid, (2) kepraktisan perangkat pembelajaran dinilai terlaksana sangat
baik, (3) efektifitas perangkat pembelajaran dinilai efektif, dan (4) pencapaian keterampilan
proses sains siswa dinilai sangat baik. Diperoleh simpulan bahwa perangkat pembelajaran
menggunakan model inkuiri terbimbing yang dikembangkan layak digunakan dalam
pembelajaran.
Kata kunci: Perangkat pembelajaran, keterampilan proses sains, model inkuiri terbimbing