Description:
INTISARI
Penelitian ini berjudul “Hubungan Kemandirian Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII di SMP Negeri 2 Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Hubungan antara Kemandirian Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII di SMP Negeri 2 Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 106 orang siswa dengan sampel total yang berjumlah 106 siswa kelas VII. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui angket berstruktur dan data sekunder yang diperoleh melalui studi dokumenter dan wawancara berencana. Analisis data menggunakan teknik analisis persentase dan korelasi pearson product moment. Hasil analisis dari korelasi product moment adalah 0,519. Nilai dari korelasi lebih besar dari r tabel pada tingkat kesalahan 5%, oleh karena itu korelasi antara kemandirian belajar siswa dan hasil belajar siswa dalam studi kasus di SMP Negeri 2 Kandangan Kelas VII berada pada tingkat korelasi cukup. Penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki kemandirian belajar di rumah (sekitar 73,29%). Kebanyakan nilai UTS yang diperoleh berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM)
Kata kunci: kemandirian belajar di rumah dan hasil belajar