Description:
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengambilan keputusan karir siswa kelas XI SMA Negeri 5 Banjarmasin sebelum dan sesudah diberikan model konseling trai and factor dalam program layanan konseling kelompok, serta untuk mengetahui efektivitas model konseling ini dalam meningkatkan pengambilan keputusan karir siswa kelas XI SMA Negeri 5 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pre–eksperimental designs, dengan menggunakan bentuk intact-group comparison. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Banjarmasin. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa pada kelas XI IPS 1 yang berjumlah 38 orang. Sampel pada penelitian ini diperoleh melalui kriteria inklusi dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 10 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah bahan perlakuan berupa “Pedoman Model Konseling Trait and Factor untuk Meningkatkan Pengambilan Keputusan Karir Siswa” dan instrument pengumpulan data berupa skala pengukuran tingkat pengambilan keputusan karier siswa. Teknik analisis data menggunakan rumus t-test. Berdasarkan pengujian dari data yang didapatkan thit > ttab 0,95 (8,24 > 2,751) maka Ho ditolak atau HA di terima. Maka, dari perbandingan tersebut dinyatakan bahwa Ho ditolak atau Ha di terima yang artinya ada perbedaan tingkat pengambilan keputusan karir siswa sebelum diberikan konseling dengan menggunakan model konseling trait and factor dan sesudah diberikan konseling.
Kata Kunci: trait and factor, pengambilan keputusan karir