dc.description |
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan strategi Contextual Teaching and Learning (CM). Adapun latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah rendahnya tingkat keberhasilan mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN Bajayau kecamatan Daha Barat Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang hanya mencapai 60% dengan rata-rata nilai 50-60 dan 19 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi CTL dapat meningkatkan hasil belajar konsep perjuangan tokoh pejuang pada penjajahan bangsa Belanda pada pembelajaran IPS di kelas V SDN Bajayau, hal ini diketahui dan 2 siklus dengan 2 kali pertemuan. Hasil Belajar siswa meningkat dari rata-rata 6,9 pada pertemuan 1, 7,0 dan pertemuan 2, menjadi 7,2 di akhir siklus I. Hasil belajar siswa yang sudah dicapai di etas 60% dan siswa menguasai bahan ajar dan rata-rata kelas yang didapat yaitu 70, rata-rata, 7,6 pada pertemuan 3, 8,1 pertemuan 4, dan 8,2 pada akhir siklus II. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini dapat disarankan agar guru-guru menggunakan strategi CM dalam pembelajaran sebagai media yang dapat memudahkan siswa mempelajari konsep perjuangan tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda, karena CTL akan mudah diingat sekaligus mempercepat proses pemahaman terhadap pembelajaran yang dilaksanakan.
Kata kunci : Hasil belajar, strategi belajar, dan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL). |
|