Repo Dosen ULM

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG KONSEP PERJUANGAN TOKOH PEJUANG PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA SDN BAJAYAU KECAMATAN DAHA BARAT KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN

Show simple item record

dc.creator Asniwati, Asniwati
dc.creator Suriani, Suriani
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:57:09Z
dc.date.available 2020-06-15T03:57:09Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/1234/1/1.%20MENINGKATKAN%20HASIL%20BELAJAR%20TENTANG%20KONSEP.docx
dc.identifier Asniwati, Asniwati and Suriani, Suriani MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG KONSEP PERJUANGAN TOKOH PEJUANG PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA SDN BAJAYAU KECAMATAN DAHA BARAT KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN. Paradigma, Jurnal Ilmu Pendidikan. ISSN 0853-7585
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/9825
dc.description Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan strategi Contextual Teaching and Learning (CM). Adapun latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah rendahnya tingkat keberhasilan mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN Bajayau kecamatan Daha Barat Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang hanya mencapai 60% dengan rata-rata nilai 50-60 dan 19 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi CTL dapat meningkatkan hasil belajar konsep perjuangan tokoh pejuang pada penjajahan bangsa Belanda pada pembelajaran IPS di kelas V SDN Bajayau, hal ini diketahui dan 2 siklus dengan 2 kali pertemuan. Hasil Belajar siswa meningkat dari rata-rata 6,9 pada pertemuan 1, 7,0 dan pertemuan 2, menjadi 7,2 di akhir siklus I. Hasil belajar siswa yang sudah dicapai di etas 60% dan siswa menguasai bahan ajar dan rata-rata kelas yang didapat yaitu 70, rata-rata, 7,6 pada pertemuan 3, 8,1 pertemuan 4, dan 8,2 pada akhir siklus II. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini dapat disarankan agar guru-guru menggunakan strategi CM dalam pembelajaran sebagai media yang dapat memudahkan siswa mempelajari konsep perjuangan tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda, karena CTL akan mudah diingat sekaligus mempercepat proses pemahaman terhadap pembelajaran yang dilaksanakan. Kata kunci : Hasil belajar, strategi belajar, dan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL).
dc.format text
dc.publisher PGSD-PGPAUD FKIP Unlam
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/1234/
dc.subject L Education (General)
dc.title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG KONSEP PERJUANGAN TOKOH PEJUANG PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA SDN BAJAYAU KECAMATAN DAHA BARAT KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account