Repo Dosen ULM

Peer Review Jurnal Ilmiah: Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa-Siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Banjarmasin Barat

Show simple item record

dc.creator Ellyn, Normaleni
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:56:58Z
dc.date.available 2020-06-15T03:56:58Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/2059/1/11.pdf
dc.identifier Ellyn, Normaleni Peer Review Jurnal Ilmiah: Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa-Siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Banjarmasin Barat. Jurnal Pendidikan Geografi (JPG).
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/9683
dc.description Penelitian ini berjudul “Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa-Siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Banjarmasin Barat”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan jejaring sosial terhadap motivasi belajar siswa-siswi SMP di Kecamatan Banjarmasin Barat. Populasi penelitian adalah siswa-siswi kelas IX di Kecamatan Banjarmasin Barat. Sampel yang dijadikan responden diambil berdasarkan perhitungan proposional random sampling sehingga mewakili jawaban pada wilayah yang diteliti. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data primer dalam penelitian menggunakan metode observasi dan metode kuisioner, pengumpulan data sekunder menggunakan metode studi dokumen dan studi pustaka. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik persentase. Korelasi product moment dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, ada hubungan yang signifikan antara penggunaan jejaring sosial terhadap motivasi belajar siswa-siswi SMP di Kecamatan Banjarmasin Barat, karena nilai rxy bernilai 0,4385 lebih besar dari r tabel 1% yang menghasilkan angka 0,1128 dan tabel 5% dari tabel r menghasilkan angka 0,1478 sehingga nilai rxy lebih besar dari r tabel 1% dan r tabel 5% yaitu 0,1128<0,4385>0,1478. Dari hubungan yang signifikan diatas juga diperoleh pengaruh yang signifikan antara penggunaan jejaring sosial terhadap motivasi belajar siswa-siswi di Kecamatan Banjarmasin Barat Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil analisis dari analisis regresi menunjukan hasil analisis regresi memperoleh harga Freg= 74,03. Harga Freg lebih besar dari pada harga tabel F baik taraf signifikan 5% maupun 1%, yaitu 3,889<74,03>6,759. Artinya ada pengaruh yang negatif dan hubungan yang tinggi antara penggunaan jejaring sosial terhadap motivasi belajar siswa-siswi SMP kelas IX di Kecamatan Banjarmasin Barat. Kata Kunci : Pengaruh Jejaring Sosial, Motivasi Belajar
dc.format text
dc.publisher Jurnal Pendidikan Geografi (JPG)
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/2059/
dc.subject G Geography (General)
dc.title Peer Review Jurnal Ilmiah: Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa-Siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Banjarmasin Barat
dc.type Other
dc.type NonPeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account