Repo Dosen ULM

DEVELOPING RESEARCH BASE LEARNING IN URBAN SOCIOLOGY CLASS

Show simple item record

dc.creator Arofah, Lumban
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:56:49Z
dc.date.available 2020-06-15T03:56:49Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/1137/1/Lumban_-_Abstract_Jurnal_Komunitas.pdf
dc.identifier Arofah, Lumban DEVELOPING RESEARCH BASE LEARNING IN URBAN SOCIOLOGY CLASS. DEVELOPING RESEARCH BASE LEARNING IN URBAN SOCIOLOGY CLASS.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/9546
dc.description Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan digunakannya metode pembelajaran berbasis riset pada mata kuliah Sosiologi Perkotaan. Hal tersebut merupakan hasil dari evaluasi lembar jawaban Mahasiswa pada tes final semester pada tahun sebelumnya. Hasil tes final menunjukkan bahwa Mahasiswa mampu menjelaskan materi yang diajarkan dalam pembelajaran namun kesulitan ketika harus mengkaitkannya terhadap permasalahan lokal perkotaan. Pengajar kemudian membuat rencana pembelajaran yang memungkinkan siswa melakukan penelitian sederhana yang nantinya dipresentasikan di depan kelas. Laporan penelitian dan partisipasi dalam pembelajaran diperhitungkan sebagai komponen penilaian dalam skor akhir. Proyek tersebut dibagi kedalam lima tahapan; persiapan – penelitian lapangan – presentasi – diskusi – simpulan. Berpijak dari pembelajaran yang telah dilakukan, didapat beberapa hal yang penting sebagai hasil refleksi belajar; Mahasiswa memiliki kemampuan dalam menjelaskan teori dan pendekatan dalam Sosiologi Perkotaan, memahami proses migrasi antara migran formal dan informa, menjelaskan perilaku penduduk kota di ruang publik, melakukan analisa terhadap mekanisme survival pedagang Usaha Kecil dan Menengah (UKM), memahami bagaimana masyarakat perkotaan membentuk organisasi berbasis primordial dan bagaimana mereka mengambil manfaat dari organisasi tersebut. This article aims to describe an introduction research base learning in the urban sociology class. The idea came after evaluating answer sheet from previous year students. Although the student had an ability to demonstrate their understanding on the subject, but they could not be able to relate and describe the subject into the local urban case. The lecture developed the lesson plan that enable student to do a small research and will be presented in the class. The research report and participation of presentation will be counted in for final score. The project divided into 5 steps; preparation - research – presentation – discussion – summarizing. Reflecting the lesson process, there are several important points as a lesson learned; student have an ability to reflect the theories and perspective in urban sociology, understand the differences of formal migrant and informal migrant, describe the behavior of inhabitant in public sphere, analyzing survival mechanism of informal trader, and understand how urban sub culture maintain their culture and develop their group as a place of fellowships for other sub culture members. Keywords: Research Base Learning, Urban Sociology
dc.format text
dc.relation http://journal.unnes.ac.id/artikel_nju/komunitas/3665
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/1137/
dc.subject S Agriculture (General)
dc.title DEVELOPING RESEARCH BASE LEARNING IN URBAN SOCIOLOGY CLASS
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account