Repo Dosen ULM

IDENTIFIKASI TIPOLOGI KONFLIK SUMBERDAYA PERAIRAN DI PERAIRAN KALIMANTAN SELATAN Identification of Water Resources Conflict Typology on South KalimantanWaters)

Show simple item record

dc.creator Erwin, Rosadi
dc.creator Rusmilyansari, Rusmilyansari
dc.creator Apriansyah, Apriansyah
dc.date 2013-12-03
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:56:04Z
dc.date.available 2020-06-15T03:56:04Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/651/1/Buletin%20PSP.pdf
dc.identifier Erwin, Rosadi and Rusmilyansari, Rusmilyansari and Apriansyah, Apriansyah (2013) IDENTIFIKASI TIPOLOGI KONFLIK SUMBERDAYA PERAIRAN DI PERAIRAN KALIMANTAN SELATAN Identification of Water Resources Conflict Typology on South KalimantanWaters). BULETIN PSP, 21 (3). pp. 343-350. ISSN 0251-286x
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/8957
dc.description Wilayah perairan territorial banyak dimanfaatkan untuk beberapa kegiatan dan kepentingan. Kegiatan-kegiatan tersebut bahkan saling bertentangan seperti kegiatan konservasi dengan eksploitasi, budidaya dengan industri dan nelayan tradisional dengan nelayan modern. Konflik antar pengguna sumberdaya yang ada sangat mungkin terjadi, karena belum ada aturan yang jelas tentang penataan ruang yang dapat dijadikan acuan oleh segenap sektor berkepentingan. |ika terus berkembang akan bersifat destruktif dan dapat menghambat pembangunan. Penelitian ini bernrjuan unruk mengetahui tipologi Konflik Sumberdaya Perairan di Kalimantan Selatan. Penelitian dilakukan dengan metode survai. Wilayah basis data ditentukan secara purposive pada daerah pesisir Kalimantan Selatan. Data yang digunakan bersumber dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap beberapa orang informan kunci dan pelaku sistem dalam pengelolaan konflik dan observasi. Data sekunder diperoleh dari instansi yang terkait, penelusuran pustaka dan klipping surat kabar. Kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipologi konflik sumberdaya perairan di Kalimantan Selatan yaitu yurisdiksi perikanan, mekanisme pengelolaan, alokasi internal dan alokasi eksternal.
dc.format text
dc.publisher Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Nogor
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/651/
dc.subject SH Aquaculture. Fisheries. Angling
dc.title IDENTIFIKASI TIPOLOGI KONFLIK SUMBERDAYA PERAIRAN DI PERAIRAN KALIMANTAN SELATAN Identification of Water Resources Conflict Typology on South KalimantanWaters)
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account