Repo Dosen ULM

PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) DI SMP NEGERI 1 BANJARMASIN

Show simple item record

dc.creator Misbah, Misbah
dc.creator WATI, MUSTIKA
dc.creator Anggraini, Putri
dc.date 2015-10
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:55:58Z
dc.date.available 2020-06-15T03:55:58Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/3978/1/3-paper%20semnas%20usnri%202015-misbah%20dkk.pdf
dc.identifier Misbah, Misbah and WATI, MUSTIKA and Anggraini, Putri (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) DI SMP NEGERI 1 BANJARMASIN. In: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unsri. ISBN 978-602-71715-1-0
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/8869
dc.description Hasil belajar peserta didik SMP Negeri 1 Banjarmasin masih dalam kategori rendah, dimana masih banyak peserta didik yang belum memenuhi nilai standar ketuntasan. Pemilihan model yang tepat untuk pembelajaran akan berpengaruh terhadap hasil belajar kemampuan kognitif peserta didik. Maka dari itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis hasil belajar peserta didik antara model guided discovery learning dengan model process oriented guided inquiry learning (POGIL). Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent group pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Banjarmasin dengan penentuan sampel menggunakan cluster random sampling. Data diperoleh dari hasil posttes dengan menggunakan tes pilihan ganda yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Untuk uji hipotesis menggunakan uji t didapatkan hasil uji t hitung 2,76 yang lebih besar dari pada t tabel 1,69. Diperoleh simpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara model guided discovery learning dengan model process oriented guided inquiry learning (POGIL) di SMP Negeri 1 Banjarmasin. Kata kunci: hasil belajar, GDL, POGIL
dc.format text
dc.publisher Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unsri
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/3978/
dc.subject L Education (General)
dc.title PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) DI SMP NEGERI 1 BANJARMASIN
dc.type Book Section
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Prosiding [848]
    Repositori untuk bidang Prosiding

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account