dc.description |
Untuk mencapai tujuan perusahaan, pegawai selalu diharapkan untuk dapat bekerja dengan penuh semangat dan motivasi. Dalam hal inilah peran dari pimpinan untuk memberikan motivasi agar pegawai mencapai kinerja prima dalam bekerja. Pemimpin sendiri diharapkan mempunyai kemampuan memimpin, memotivasi, mengarahkan dan berkomunikasi dengan bawahannya agar tujuan organisasi dapat tercapai.
Penelitian ini meneliti pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap motivasi kerja pegawai Bank Rakyat Indonesia Cabang Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain asosiatif kausal. Populasi penelitian ini berjumlah 80 dan sampel berjumlah 67 yang besarnya ditentukan dengan formula slovin. Teknik sampling yang digunakan untuk menentukan sampel penelitian adalah teknik simple random sampling. Data yang berhasil dikumpulkan selanjutnya akan dianalisis dengan uji regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan (1) persamaan regresi yang terbentuk adalah Y = 40,372 + 0,336 (X1) + 0.359 (X2) + 0.533 (X3) + 0.343 (X4) + e. (2) Secara Parsial Kharisma (X1) mempengaruhi motivai kerja sebesar 0,027. (3) Inspirasi (X2) mempengaruhi motivasi kerja pegawai sebesar 0,035. (4) Stimulasi Intelektual (X3) mempengaruhi motivasi kerja sebesar 0,048. (5) Perhatian Individual (X4) mempengaruhi motivasi kerja sebesar 0,049. Variabel Perhatian Individual (X4) merupakan variabel yang dominan mempengaruhi motivasi kerja pegawai Bank Rakyat Indonesia Cabang Banjarmasin. (6) Secara simultan dimensi kepemimpinan transformasional berupa Kharisma (X1), Inspirasi (X2), Stimulasi Intelektual (X3), dan Perhatian Individual (X4) mempengaruhi motivasi kerja pegawai Bank Rakyat Indonesia Cabang Banjarmasin.
Kesimpulannya, kepemimpinan transformasional yang meliputi kharisma, inspirasi, stimulasi intelektual dan perhatian individual mempengaruhi motivasi kerja pegawai Bank Rakyat Indonesia Cabang Banjarmasin serta perhatian individual lah yang paling mempengaruhi motivasi kerja tersebut.
Kata Kunci : Kepemimpinan transformasional, Motivasi |
|