dc.creator |
Muhammad, Zaini |
|
dc.date |
2013-12 |
|
dc.date.accessioned |
2020-06-15T03:55:47Z |
|
dc.date.available |
2020-06-15T03:55:47Z |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/455/1/img081.jpg |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/455/2/img082.jpg |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/455/3/img083.jpg |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/455/4/img084.jpg |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/455/5/4.%20SITI%20NOORHASANAH_docx.pdf |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/455/27/455.pdf |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/455/32/naskah.pdf |
|
dc.identifier |
Muhammad, Zaini (2013) Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMAN 2 Banjarbaru dalam Pembelajaran Konsep Keanekaragaman Hayati Melalui Pendekatan Lingkungan. Pendidikan Lingkungan, 1 (2). ISSN 2338-0756 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/8712 |
|
dc.description |
Penelitian pengembangan ini bertujuan 1)mengembangkan perangkat pembelajaran konsep keanekaraman hayati melalui pendekatan lingkungan dengan model kooperatif tipe belajar bersama, 2)menguji signifikansi hasil belajar 3)mengukur keterampilan berpikir kritis siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Bacaan Siswa dan Lembar Kegiatan Siswa. Model makro yang digunakan adalah Model 4-D) yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Hasil penelitian diperoleh ada perbedaan hasil belajar produk dari 70,96 pada kelas kontrol dan 71,74 pada kelas perlakuan. Perbedaan skor diperoleh signifikasi hasil belajar produk antara kelas perlakuan dengan kelas kontrol (F = 78,99; P = 0,0001). Keterampilan berpikir kritis siswa terdiri atas 1)membandingkan, 2) menganalisis, 3) mensisntesis dan 4)menarik kesimpulan. keempat parameter keterampilan berpikir mempunyai nilai yang
hampir sama pada setiap materi, untuk keterampilan berpikir membandingkan, menganilisis dan menarik kesimpulan mempunyai nilai baik, sedangkan untuk keterampilan berpikir mensintesis mempunyai nilai sedang.
Kata Kunci: pendekatan lingkungan, berpikir kritis, hasil belajar, keanekaragaman hayati |
|
dc.format |
image |
|
dc.format |
image |
|
dc.format |
image |
|
dc.format |
image |
|
dc.format |
text |
|
dc.format |
text |
|
dc.format |
text |
|
dc.relation |
http://eprints.ulm.ac.id/455/ |
|
dc.subject |
L Education (General) |
|
dc.title |
Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMAN 2 Banjarbaru dalam Pembelajaran Konsep Keanekaragaman Hayati Melalui Pendekatan Lingkungan |
|
dc.type |
Article |
|
dc.type |
PeerReviewed |
|