Repo Dosen ULM

Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMAN 2 Banjarbaru dalam Pembelajaran Konsep Keanekaragaman Hayati Melalui Pendekatan Lingkungan

Show simple item record

dc.creator Muhammad, Zaini
dc.date 2013-12
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:55:47Z
dc.date.available 2020-06-15T03:55:47Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/455/1/img081.jpg
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/455/2/img082.jpg
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/455/3/img083.jpg
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/455/4/img084.jpg
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/455/5/4.%20SITI%20NOORHASANAH_docx.pdf
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/455/27/455.pdf
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/455/32/naskah.pdf
dc.identifier Muhammad, Zaini (2013) Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMAN 2 Banjarbaru dalam Pembelajaran Konsep Keanekaragaman Hayati Melalui Pendekatan Lingkungan. Pendidikan Lingkungan, 1 (2). ISSN 2338-0756
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/8712
dc.description Penelitian pengembangan ini bertujuan 1)mengembangkan perangkat pembelajaran konsep keanekaraman hayati melalui pendekatan lingkungan dengan model kooperatif tipe belajar bersama, 2)menguji signifikansi hasil belajar 3)mengukur keterampilan berpikir kritis siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Bacaan Siswa dan Lembar Kegiatan Siswa. Model makro yang digunakan adalah Model 4-D) yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Hasil penelitian diperoleh ada perbedaan hasil belajar produk dari 70,96 pada kelas kontrol dan 71,74 pada kelas perlakuan. Perbedaan skor diperoleh signifikasi hasil belajar produk antara kelas perlakuan dengan kelas kontrol (F = 78,99; P = 0,0001). Keterampilan berpikir kritis siswa terdiri atas 1)membandingkan, 2) menganalisis, 3) mensisntesis dan 4)menarik kesimpulan. keempat parameter keterampilan berpikir mempunyai nilai yang hampir sama pada setiap materi, untuk keterampilan berpikir membandingkan, menganilisis dan menarik kesimpulan mempunyai nilai baik, sedangkan untuk keterampilan berpikir mensintesis mempunyai nilai sedang. Kata Kunci: pendekatan lingkungan, berpikir kritis, hasil belajar, keanekaragaman hayati
dc.format image
dc.format image
dc.format image
dc.format image
dc.format text
dc.format text
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/455/
dc.subject L Education (General)
dc.title Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMAN 2 Banjarbaru dalam Pembelajaran Konsep Keanekaragaman Hayati Melalui Pendekatan Lingkungan
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account