Repo Dosen ULM

Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Materi Struktur Bagian Tumbuhan melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas IV SDN Bingkulu 2 Kecamatan Tambang Ulang

Show simple item record

dc.creator Muhammad, Zaini
dc.date 2013-12
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:55:44Z
dc.date.available 2020-06-15T03:55:44Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/452/1/COVER-LANDASAN%20no.24.jpg
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/452/2/img077.jpg
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/452/3/img078.jpg
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/452/4/4.SITI%20AISYAH_docx.pdf
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/452/22/452.pdf
dc.identifier Muhammad, Zaini (2013) Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Materi Struktur Bagian Tumbuhan melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas IV SDN Bingkulu 2 Kecamatan Tambang Ulang. Landasan - Jurnal Ilmiah Kependidikan & Kemasyarakatan, 8 (2). ISSN 1907-431X
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/8674
dc.description Proses pembelajaran yang belangsung di SDN Bingkulu 2 selama ini guru masih berpegang pada konsep belajar bukan membelajarkan siswa. Oleh karena itu peneliti ingin melakukan inovasi dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa yang meliputi proses dan hasil belajar siswa, mengetahui aktivitas siswa dan guru, terhadap kegiatan pembelajaran materi struktur bagian tumbuhan melalui pendekatan kooperatif tipe jigsaw. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Bingkulu 2 yang berjumlah 12 orang siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 1 kali pertemuan yang mana siklus 1 membahas tentang akar dan batang dan pada siklus 2 membahas tentang daun dan bunga. Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN Bingkulu 2 pada materi struktur bagian tumbuhan. Hasil ini ditunjukkan oleh hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 66,66% dan pada siklus 2 sebesar 100%. Hasil selama proses pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus 1 tergolong dalam kategori sedang dan pada siklus 2 tergolong dalam kategori baik. Guru masih mendominasi dalam mengelola kegiatan pembelajaran, tetapi keaktifan siswa sudah menunjukkan adanya tanda-tanda keaktifan siswa dalam pembelajaran. Kata kunci : Struktur bagian tumbuhan, Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw, Proses dan Hasil Belajar Siswa.
dc.format image
dc.format image
dc.format image
dc.format text
dc.format text
dc.publisher Pengurus Cabang PGRI Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/452/
dc.subject L Education (General)
dc.title Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Materi Struktur Bagian Tumbuhan melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas IV SDN Bingkulu 2 Kecamatan Tambang Ulang
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account