Repo Dosen ULM

Kemampuan Belajar Konsep Daur Biogeokimia dengan Menggunakan Pendekatan Problem Posing pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Banjarbaru.

Show simple item record

dc.creator Muhammad, Zaini
dc.date 2012-12
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:55:41Z
dc.date.available 2020-06-15T03:55:41Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/444/1/COVER-LANDASAN-no.%2016.cd.jpg
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/444/2/img061.jpg
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/444/3/DAFSI%20%26%20PENGANTAR%20no.%2016.jpg
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/444/4/3.%20Lisa%20Herlina_docx.pdf
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/444/22/444.pdf
dc.identifier Muhammad, Zaini (2012) Kemampuan Belajar Konsep Daur Biogeokimia dengan Menggunakan Pendekatan Problem Posing pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Banjarbaru. Landasan - Jurnal Ilmiah Kependidikan & Kemasyarakatan, 7 (2). ISSN 1907-431X
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/8641
dc.description Penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar yang meliputi hasil belajar produk dan hasil belajar proses, mengetahui aktivitas siswa dan guru, serta mengetahui respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran konsep daur biogeokimia dengan menggunakan pendekatan problem posing pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Banjarbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X4 SMA Negeri 2 Banjarbaru tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 29 orang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan meningkatnya hasil belajar siswa yaitu ketuntasan klasikal siklus 1 pretes adalah 0% meningkat menjadi 44,82% pada post test, siklus 2 pre test 0% meningkat menjadi 86,20% pada post test. Hasil belajar selama proses pembelajaran melalui LKS, pada siklus 1 yaitu 78% dan siklus 2 meningkat menjadi 82% menunjukkan kategori baik. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran telah menunjukkan peningkatan. Aktivitas guru selama proses pembelajaran telah menunjukkan penurunan dominasi. Pengelolaan pembelajaran oleh guru siklus 1 (3,83) termasuk kategori cukup baik dan meningkat menjadi (3,92) dengan kategori cukup baik pada siklus 2. Disimpulkan bahwa kemampuan belajar siswa yang meliputi hasil belajar produk dan hasil belajar proses mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2, aktivitas siswa telah menunjukkan peningkatan dan tergolong kategori baik, aktivitas guru sudah tidak dominan dan pembelajaran menggunakan pendekatan problem posing mendapatkan respon yang positif dari siswa. Kata kunci: Konsep daur biogeokimia, pendekatan problem posing, hasil belajar.
dc.format image
dc.format image
dc.format image
dc.format text
dc.format text
dc.publisher Pengurus Cabang PGRI Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/444/
dc.subject L Education (General)
dc.title Kemampuan Belajar Konsep Daur Biogeokimia dengan Menggunakan Pendekatan Problem Posing pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Banjarbaru.
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account