dc.creator |
Muhammad, Zaini |
|
dc.date |
2012-12 |
|
dc.date.accessioned |
2020-06-15T03:55:41Z |
|
dc.date.available |
2020-06-15T03:55:41Z |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/443/1/img059.jpg |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/443/2/img060.jpg |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/443/3/Landasan%20COVER-DALAM%20no.15.jpg |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/443/4/4.%20ARTIKEL%20Pak%20Zaini%2C%20Wiwid%20ok_doc.pdf |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/443/22/443.pdf |
|
dc.identifier |
Muhammad, Zaini (2012) Meningkatkan Pemahaman Konsep Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Melalui Inkuiri Terbimbing di Sekolah Menengah Pertama. (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 9 Banjarbaru Tahun Pelajaran 2010/2011). Landasan - Jurnal Ilmiah Kependidikan & Kemasyarakatan, 6 (2). ISSN 1907-431X |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/8637 |
|
dc.description |
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa yang meliputi proses dan hasil belajar siswa, mengetahui aktivitas siswa dan guru, serta mengetahui respon siswa dan guru terhadap kegiatan pembelajaran konsep struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 9 Banjarbaru tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 35 orang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan yang mana
siklus 1 membahas tentang akar dan batang dan pada siklus 2
membahas tentang daun dan bunga. Penelitian ini dilakukan
selama 6 bulan. Data dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran
dengan menggunakan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan
pemahaman siswa kelas VIII D SMP Negeri 9 Banjarbaru pada
konsep struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Hasil ini
ditunjukkan oleh hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar
91,43% dan pada siklus 2 sebesar 88,57%. Hasil test pengetahuan yang diperoleh selama proses pembelajaran baik
pada siklus 1 maupun siklus 2 tergolong kategori baik. Pada test keterampilan proses selama pembelajaran pada siklus 1
tergolong cukup baik sedangkan pada siklus 2 tergolong
kategori baik. Proses pembelajaran belum sepenuhnya terpusat
pada siswa, namun pembelajaran ini mendapatkan respon yang
positif dari siswa dan guru.
Kata kunci: Konsep struktur dan fungsi jaringan tumbuhan, pendekatan inkuiri terbimbing, proses dan hasil belajar siswa. |
|
dc.format |
image |
|
dc.format |
image |
|
dc.format |
image |
|
dc.format |
text |
|
dc.format |
text |
|
dc.publisher |
Pengurus Cabang PGRI Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru |
|
dc.relation |
http://eprints.ulm.ac.id/443/ |
|
dc.subject |
L Education (General) |
|
dc.title |
Meningkatkan Pemahaman Konsep Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Melalui Inkuiri Terbimbing di Sekolah Menengah Pertama. (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 9 Banjarbaru Tahun Pelajaran 2010/2011). |
|
dc.type |
Article |
|
dc.type |
PeerReviewed |
|