Repo Dosen ULM

Meningkatkan Pemahaman Konsep Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Melalui Inkuiri Terbimbing di Sekolah Menengah Pertama. (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 9 Banjarbaru Tahun Pelajaran 2010/2011).

Show simple item record

dc.creator Muhammad, Zaini
dc.date 2012-12
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:55:41Z
dc.date.available 2020-06-15T03:55:41Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/443/1/img059.jpg
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/443/2/img060.jpg
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/443/3/Landasan%20COVER-DALAM%20no.15.jpg
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/443/4/4.%20ARTIKEL%20Pak%20Zaini%2C%20Wiwid%20ok_doc.pdf
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/443/22/443.pdf
dc.identifier Muhammad, Zaini (2012) Meningkatkan Pemahaman Konsep Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Melalui Inkuiri Terbimbing di Sekolah Menengah Pertama. (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 9 Banjarbaru Tahun Pelajaran 2010/2011). Landasan - Jurnal Ilmiah Kependidikan & Kemasyarakatan, 6 (2). ISSN 1907-431X
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/8637
dc.description Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa yang meliputi proses dan hasil belajar siswa, mengetahui aktivitas siswa dan guru, serta mengetahui respon siswa dan guru terhadap kegiatan pembelajaran konsep struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 9 Banjarbaru tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 35 orang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan yang mana siklus 1 membahas tentang akar dan batang dan pada siklus 2 membahas tentang daun dan bunga. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII D SMP Negeri 9 Banjarbaru pada konsep struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Hasil ini ditunjukkan oleh hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 91,43% dan pada siklus 2 sebesar 88,57%. Hasil test pengetahuan yang diperoleh selama proses pembelajaran baik pada siklus 1 maupun siklus 2 tergolong kategori baik. Pada test keterampilan proses selama pembelajaran pada siklus 1 tergolong cukup baik sedangkan pada siklus 2 tergolong kategori baik. Proses pembelajaran belum sepenuhnya terpusat pada siswa, namun pembelajaran ini mendapatkan respon yang positif dari siswa dan guru. Kata kunci: Konsep struktur dan fungsi jaringan tumbuhan, pendekatan inkuiri terbimbing, proses dan hasil belajar siswa.
dc.format image
dc.format image
dc.format image
dc.format text
dc.format text
dc.publisher Pengurus Cabang PGRI Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/443/
dc.subject L Education (General)
dc.title Meningkatkan Pemahaman Konsep Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Melalui Inkuiri Terbimbing di Sekolah Menengah Pertama. (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 9 Banjarbaru Tahun Pelajaran 2010/2011).
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account