dc.creator |
Rizali , Hadi |
|
dc.date.accessioned |
2020-06-15T03:55:34Z |
|
dc.date.available |
2020-06-15T03:55:34Z |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/415/1/akuntansi__me.pdf |
|
dc.identifier |
Rizali , Hadi Pendidikan Akuntansi Berbasis Karakter. Pendidikan Karakter. |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/8533 |
|
dc.description |
Tugas guru mengajarkan akuntansi adalah tentang bagaimana mencatat, mengelompokkan transaksi keuangan atau yang bersifat uang, menginter-pretasikan dan melaporkannya. Apa yang diajarkan guru tersebut lebih banyak bersifat kognitif atau pengetahuan saja, belum terlihat mjatan afektif atau berbasis karakter. Akuntansi memiliki banyak peluang untuk berbuat kecurangan seperti pemalsuan bukti, transaksi fiktif, rekayasa sampai mark up. Pendidikan akuntansi berbasis karakter dapat dilakukan dengan pendekatan agama, etika bisnis dan hokum.Mengacu kepada Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI dan KD) dimana KI-1 dan KI-2 adalah kompetensi religius dan kompetensi sosial, penuh bermuatan karakter. Karena itu guru perlu memperkaya diri dengan nilai agama dalam bermu’amalah, nilai etika dan pengetahuan tentang hokum. RPP guru mengajar perlu diberi suplemen atau lampiran tentang karakter yang mendukung pendidikan akuntansi. |
|
dc.format |
text |
|
dc.relation |
http://eprints.ulm.ac.id/415/ |
|
dc.subject |
H Social Sciences (General) |
|
dc.title |
Pendidikan Akuntansi Berbasis Karakter |
|
dc.type |
Article |
|
dc.type |
PeerReviewed |
|