dc.description |
Teknologi pembelajaran sangat diperlukan dalam proses pembelajaran, sebab dapat menyebarkan informasi secara luas, merata, cepat, seragam dan terintegrasi sehingga pesan dapat disampaikan sesuai dengan isi yang dimaksud. Teknologi dapat menjadi partner dosen dalam rangka mewujudkan proses pembelajaran yang efektif, efisien, dan produktif sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh multimedia dalam meningkatkan prestasi belajar, 2) pengaruh gaya belajar terhadap peningkatan prestasi belajar, 3) pengaruh motivasi belajar terhadap peningkatan prestasi belajar, 4) pengaruh multimedia, gaya belajar, dan motivasi belajar dalam meningkatkan prestasi belajar Mikro Ekonomi mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNLAM.
Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah Mikro Ekonomi pada semester gasal 2012/2013 dan dijadikan sampel jenuh. Pengumpulan data dengan menggunakan angket. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil: Penelitian ini menunjukkan 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan multimedia dalam meningkatkan prestasi belajar mata kuliah Mikro Ekonomi dilihat dari nilai thitung (2,317) > ttabel (2,029), 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap peningkatan prestasi belajar Mikro Ekonomi dilihat dari nilai thitung (2,283) > ttabel (2,029), 3) pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap peningkatan prestasi belajar Mikro Ekonomi dilihat dari nilai thitung (4,549) > ttabel (2,029), dan 4) terdapat pengaruh yang signifikan antara multimedia, gaya belajar, dan motivasi belajar dalam meningkatkan prestasi belajar Mikro Ekonomi dilihat dari nilai Fhitung (13,788) > Ftabel (2,866).
Kata kunci: Multimedia, Gaya belajar, motivasi belajar dan Mikro Ekonomi |
|