Repo Dosen ULM

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SUMBERDAYA HUTAN STUDI PADA KAWASAN DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) RIAM KANAN, KALIMANTAN SELATAN)

Show simple item record

dc.creator Hamdani , Fauzi
dc.date 2014
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:55:32Z
dc.date.available 2020-06-15T03:55:32Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/2226/1/Pemberdayaan_Masyarakat_dalam_Pengelolaan_Sumberdaya_Hutan_Studi_pada_Kawasan_DAS_Riam_Kanan_Kalimantan_Selatan.pdf
dc.identifier Hamdani , Fauzi (2014) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SUMBERDAYA HUTAN STUDI PADA KAWASAN DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) RIAM KANAN, KALIMANTAN SELATAN). Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Malang . ISBN 978-602-99218-8-5 (Unpublished)
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/8493
dc.description Sebagian besar wilayah DAS Riam Kanan Propinsi Kalimantan Selatan merupakan kawasan hutan lindung. Walaupun demikian, pada kawasan hutan tersebut terdapat 13 desa definitif yang menjadi pemukiman masyarakat dengan berbagai aktivitas sosial ekonominya. Di sisi lain DAS Riam Kanan memiliki nilai strategis sebagai pembangkit tenaga listrik tenaga air, irigasi yang dimanfaatkan untuk pengairan sawah, budidaya ikan air tawar, dan sumber bahan baku air bagi masyarakat di kabupaten Banjar, Banjarbaru dan Banjarmasin. Keberadaan masyarakat yang terdapat di wilayah DAS Riam Kanan memiliki peran strategis dalam mendukung kelestarian sumberdaya hutan dalam kerangka pengelolaan DAS secara terpadu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kondisi masyarakat yang berada di DAS Riam Kanan ditinjau dari aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan sehingga dapat dirumuskan model pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan sumberdaya hutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat telah memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup baik dalam pengelolaan hutan, namun dari aspek sikap (afektif) masih tergolong rendah. Untuk mengoptimalkan peran masyarakat maka model pemberdayaan harus mengarah kepada pembentukan perilaku positif masyarakat untuk mengelola sumberdaya hutan. Model ini dilakukan dengan memperkuat modal sumberdaya di satu sisi dan pelaku pemberdayaan di sisi lain. Keduanya harus dimediasi oleh proses pemberdayaan hingga dapat meningkatkan keberdayaan masyarakat. Model ini disebut dengan Model Pemberdayaan Perhutanan Sosial Berbasis Pembelajaran.
dc.format text
dc.publisher Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/2226/
dc.subject SD Forestry
dc.title PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SUMBERDAYA HUTAN STUDI PADA KAWASAN DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) RIAM KANAN, KALIMANTAN SELATAN)
dc.type Book
dc.type NonPeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Buku [1355]
    Repositori untuk bidang buku

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account