Repo Dosen ULM

Menggunakan sinar lampu, manik-manik dan suara musik di stodio servis konsentrasi untuk meningkatkan konsentrasi anak hiperaktif

Show simple item record

dc.creator Yuwono, Imam
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:55:23Z
dc.date.available 2020-06-15T03:55:23Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/317/1/%28JURNAL%204.pdf
dc.identifier Yuwono, Imam Menggunakan sinar lampu, manik-manik dan suara musik di stodio servis konsentrasi untuk meningkatkan konsentrasi anak hiperaktif. JRR - Jurnal Rehabilitasi & Remediasi. ISSN 0854-0020
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/8366
dc.description Ide penelitian ini didasarkan oleh adanya temuan anak hiperaktif sering melakukan perilaku tidak terkontrol sehingga mengganggu konsentrasi belajar. Keadaan ini, apabila tidak segera diatasi akan berakibat buruk pada anak. Perkembangan perilaku, kognitif, sosialisasi dan komunikasi terganggu. Tujuan penelitian adalah untuk membuktikan media pembelajaran menggunakan sinar lampu, manik-manik dan suara musik di stodio servis konsentrasi untuk meningkatkan konsentrasi siswa hiperaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan subyek tunggal atau sering disebut penelitian modifikasi perilaku. Penelitian dilakukan pada seorang anak hiperaktif, yang masih belajar tingkat SD. Usia subyek 6 tahun dan memiliki IQ normal. Data tentang konsentrasi dikumpulkan melalui pengamatan menggunakan handicam pada saat subyek mengikuti pembelajaran. Intervensi untuk meningkatkan konsentrasi digunakan media pembelajaran dalam stodio servis konsentrasi. Media ini dilengkapi dengan permainan manik-manik, pengaturan sinar lampu dan terapi suara musik. Dengan harapan dapat melatih kontrol adrenalin, meningkatkan gelombang beta dan memperbaiki jalur pendengaran anak hiperaktif. Data dianalisis menggunakan teknik perubahan dalam kondisi yang meliputi tingkat stabilitas, kecenderungan arah dan tingkat perubahan ( level change). Penelitian ini membuktikan bahwa, setelah dilakukan intervensi sebanyak 35 kali menggunakan permainan pilah manik-manik, pengaturan sinar lampu dan terapi suara musik yang dikemas dalam stodio servis konsentrasi. Ternyata dapat meningkatkan konsentrasi anak hiperaktif. Peningkatan konsentrasi anak ditandai dengan menurunnya aktivitas perilaku yang tidak terkontrol dalam pembelajaran. Pada kondisi baseline pertama aktivitas tak terkontrol dilakukan subyek sampai 13 kali dalam 2 jam pelajaran. Setelah dilakukan intervensi menggunakan media stodio servis konsentrasi menurun hingga 2 kali dalam 2 jam pelajaran. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan kepada guru maupun terapis anak hiperaktif untuk menggunakan media stodio servis konsentrasi. Kepada peneliti lanjutan, disarankan untuk melakukan penelitian untuk mengukur seberapa besar pengaruh permainan pilah manik-manik, pengaturan sinar lampu dan terapi suara musik yang dikemas dalam stodio servis terapi, dapat mengontrol hormon adrenalin, meningkatkan gelombang beta dan memperbaiki jalur pendengaran anak hiperaktif.
dc.format text
dc.publisher Pusat Penelitian Rehabilitasi dan Remediasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Sebelas Maret Surakarta
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/317/
dc.subject L Education (General)
dc.title Menggunakan sinar lampu, manik-manik dan suara musik di stodio servis konsentrasi untuk meningkatkan konsentrasi anak hiperaktif
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account