dc.description |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet sebagai media belajar terhadap hasil belajar mahasiswa angkatan 2012 Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan PIPS Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.Metode penelitian ini menggunakan metode deskriftif kuantitatif dengan mencari pengaruh penggunaan internet yang meliputi Browsing (X1), Resourching (X2), dan Searching (X3) terhadap hasil belajar (Y).
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2012 Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan PIPS Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat tahun ajaran 2012-2013 sebanyak 96 orang mahasiswa, semua populasi dijadikan sampel yaitu 96 orang mahasiswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan penggunaan internet (Browsing, Resourching dan Searching) terhadap hasil belajar memiliki hubungan sebesar Ry(1,2,3) = 0,73 dikategorikan korelasinya tinggi karena terletak antara 0,60 – 0,799. Nilai Ry(1,2,3) dengan r tabel diketahui Ry(1,2,3) atau r hitung lebih besar dari r tabel baik itu 5% maupun 1%. (r tabel 5%< Ry(1,2,3) > r tabel 1%) atau (0,202 < 0,73 > 0,263). Berdasarkan nilai r tabel dan r hitung menunjukkan bahwa harga Ry(1,2,3) sebesar 0,73 signifikan baik untuk ketelitian 5% maupun 1%. Berarti hipotesis penelitian ini adalah ada pengaruh antara penggunaan internet sebagai media belajar terhadap hasil belajar mahasiswa angkatan 2012 Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan PIPS Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.
Kata kunci : Pengaruh, Browsing, Resourching, Searching, Hasil Belajar. |
|