Repo Dosen ULM

PEMBELAJARAN BERBASIS LEARNER AUTONOMY UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MAHASISWA

Show simple item record

dc.contributor Miriam, Sarah
dc.creator Miriam, Sarah
dc.creator Salam M., Abdul
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:55:18Z
dc.date.available 2020-06-15T03:55:18Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/1499/1/3d%20Artikel%20Prosiding%20IPA.pdf
dc.identifier Miriam, Sarah and Salam M., Abdul PEMBELAJARAN BERBASIS LEARNER AUTONOMY UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MAHASISWA. In: PROSIDING- SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPA MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MELALUI PEMBELAJARAN IPA. Fakulatas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. ISBN 978-602-60213-0-4
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/8299
dc.description Abstrak: Proses pembelajaran IPA/Fisika yang umum digunakan selama ini masih berpusat pada guru/dosen dengan metode drill. Penelitian ini mencoba memberikan alternatif pilihan kepada guru/dosen agar secara bertahap memberi otonomi kepada peserta didiknya dalam proses belajar mengajar, sekaligus untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa/mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester dua (2) program studi Pendidikan Fisika FKIP ULM tahun akademik 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pretest and postest group design. Hasil penelitian menunjukkan (1) aktivitas mahasiswa yang mencirikan otonomi belajar semakin meningkat, (2) hasil belajar mahasiswa yang meliputi tes kemampuan berpikir tingkat tinggi memberikan gain score sebesar 0,77 yang berkategori tinggi, (3) respon mahasiswa berupa minat dan motivasi terhadap perkuliahan adalah baik. Kata kunci: pembelajaran, learner autonomy, berpikir tingkat tinggi.
dc.format text
dc.publisher Fakulatas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/1499/
dc.subject QC Physics
dc.title PEMBELAJARAN BERBASIS LEARNER AUTONOMY UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MAHASISWA
dc.type Book Section
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

  • Prosiding [848]
    Repositori untuk bidang Prosiding

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account