dc.creator |
Ahmad, Suriansyah |
|
dc.creator |
Aslamiah, Ahmad |
|
dc.creator |
Sulistiyana, Sulistiyana |
|
dc.date |
2015-12 |
|
dc.date.accessioned |
2020-06-15T03:54:49Z |
|
dc.date.available |
2020-06-15T03:54:49Z |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/869/1/Buku%20Referensi%204.pdf |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/869/7/Reviewer4.pdf |
|
dc.identifier |
Ahmad, Suriansyah and Aslamiah, Ahmad and Sulistiyana, Sulistiyana (2015) PROFESI KEPENDIDIKAN "Perspektif Guru Profesional". Raja Grafindo Persada. ISBN 978-979-769-914-7 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/7991 |
|
dc.description |
Pendidikan bermutu salah satunya ditentukan oleh profesionalisme tenaga pendidik dan tenaga kependidikan lainnya. Oleh sebab itu, apabila kita menghendaki pendidikan yang bermutu maka mau tidak mau kita wajib meningkatkan profesionalisme guru.
Pemerintah telah berusaha dengan berbagai program untuk meningkatkan profesionalisme guru, bahkan sampai dengan pemberian tunjangan profesi guru dengan besaran satu kali gaji pokok. Tetapi realitanya masih banyak keluhan bahwa pendidikan masih belum mampu mencapai kualitasyang diinginkan.
Guru yang profesional tidak akan dapat dicapai hanya melalui pemberian tunjangan profesi tanpa dipersiapkan secara matang sebelum mereka menjadi guru dilanjutkan dengan pembinaan yang optimal pada saat mereka bertugas sebagai guru secara terus menerus.
Buku ini memberikan bekal pemahaman dan kemampuan bagi calon guru dan bagi guru apa dan bagaimana menjadi guru yang profesional. Untuk itu dalam buku ini dibahas beberapa bagian yaitu:
Bagian pertama membahas tentang Hakikat profesi guru sampai dengan bagaimana ciri-ciri seorang guru yang profesional dan juga apa dan bagaimana kode etik profesi guru.
Bagian kedua membahas tentang bimbingan konseling, yang akan memberikan pemahaman agar guru dapat berperan sebagai pembimbing bagi para peserta didiknya. Hal ini penting, ditengah-tengah banyaknya siswa yang bermasalah baik pribadi maupun akademikdiperlukan guru yang mampu memberikan jalan dan alternatif agar siswanya dapat keluar dari lingkaran masalah yang dihadapinya.
Bagian ketiga membahas tentang administrasi sekolah. Hal ini penting bagi guru karena guru tidak hanya sebagai guru semata, tetapi juga sebagai koselor dan administrator.
Bagian keempat membahas supervisi pendidikan. Pembahasan ini memberikan bekal bagi guru dan calon guru tentang supervisi pendidikan dan pembinaan guru, sehingga pada saatnya nanti mereka pun dapat berperan sebagai pembina.
Bagian kelima membahas tentang manajemen berbasis sekolah. Pembahasan ini memberikan bekal pemahaman bagi calon guru dan guru-guru tentang apa, mengapa dan bagaimana implementasi manajemen berbasis sekolah serta apa dan bagaimana manajemen berbasis sekolah diimplementasi dalam ruang kelas.
Berdasarkan topik-topik pembahasan dalam buku ini maka sudah selayaknya bagi calon guru dan guru untuk mengkaji dan mendalami apa yang dipaparkan dalam buku ini sebagai refleksi bagi guru-guru dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai guru menuju guru yang profesional. |
|
dc.format |
text |
|
dc.format |
text |
|
dc.publisher |
Raja Grafindo Persada |
|
dc.relation |
http://eprints.ulm.ac.id/869/ |
|
dc.subject |
L Education (General) |
|
dc.title |
PROFESI KEPENDIDIKAN
"Perspektif Guru Profesional" |
|
dc.type |
Book |
|
dc.type |
PeerReviewed |
|