dc.creator |
Syamsul, Arifin |
|
dc.date |
2011-07 |
|
dc.date.accessioned |
2020-06-15T03:24:16Z |
|
dc.date.available |
2020-06-15T03:24:16Z |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/24/1/syamsul.pdf |
|
dc.identifier |
Syamsul, Arifin (2011) Hubungan Antara Komitmet Terhadap Tugas Dan Kemampuan Anstraksi Dengan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Di Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Pendidikan , 6 (2). pp. 41-62. ISSN 0216-7433 |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/7934 |
|
dc.description |
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: 1) hubungan antara komitmen terhadap tugas dengan kinerja Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah Pertama Di Provinsi Kalimantan Selatan, 2) hubungan antara kemampuan abstraksi dengan kemampuan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah Pertama Di Provinsi Kalimantan Selatan, 3) hubungan antara komitmen terhadap tugas dan kemampuan abstraksi secara bersama-sama dengan kinerja Guru Pendidikan Jasmani Di Provinsi Kalaimantan Selatan.
Populasi penelitian adalah seluruh Guru Pendidikan Jasmani SMP se Kalimantan Selatan yang berjumlah 242 orang dengan sampel yang digunakan sejumlah 151 orang, ditentukan dengan teknik propotional random sampling berpedoman pada formula Soekidjo. Intrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dengan memakai skala linkert yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan relibilitas dengan teknik analisis butir dari alpha cronbach.
Analisis data menggunakan korelasi Pearson dan korelasi ganda. Hasil analisis menunjukkan: 1) terdapat hubungan signifikan antara variabel komitmen terhadap tugas dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi rx1y=0,682. 2) terdapat hubungan yang sangat signifikan antara kemampuan abstraksi dengan kinerja guru dengan koefesien korelasi sebesar rx2y=0,594. 3) Adanya hubungan yang signifikan secara bersama-sama dari komitmen terhadap tugas dan kemampuan abstraksi dengan kinerja guru pendidikan jasmani SMP dengan koefesien korelasi ganda sebesar Ry12=0,768. Koefesien determinasi sebesar R kuadrat 0,556 menunjukkan bahwa dua variabel komitmen guru terhadap tugas dan variabel kemampuan absraksi dapat menjelaskan kinerja sekitar 58% selebihnya sekitar 42 % kinerja guru pendidikan jasmani dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Analisis data menggunakan korelasi Pearson dan korelasi ganda. Hasil analisis ,menunjukkan: 1) terdapat hubungan signifikan antara variabelkomitmen terhadap tugas dengan kinertja guru, 2) terdapat hubungan yang signifikan antara variabel kemampuan abstraksi dengan kinerja guru. Analaisis korelasi ganda mengungkapkan adanya hubungan yang signifikan secara bersama-sama dari komitmen terhadap tugas dan kemampuan abstraksi dengan kinerja Guru Pendidikan Jasmani SMP se Kalimantan Selatan |
|
dc.format |
text |
|
dc.publisher |
STKIP-PGRI BANJARMASIN |
|
dc.relation |
http://www.stkipbjm.net |
|
dc.relation |
http://eprints.ulm.ac.id/24/ |
|
dc.subject |
L Education (General) |
|
dc.subject |
LB Theory and practice of education |
|
dc.title |
Hubungan Antara Komitmet Terhadap Tugas Dan Kemampuan Anstraksi Dengan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Di Provinsi Kalimantan Selatan |
|
dc.type |
Article |
|
dc.type |
PeerReviewed |
|