Abstract:
Perkembangan bahasa merupakan aspek penting dalam tumbuh kembang anak, meliputi kemampuan reseptif (memahami) dan ekspresif (mengucapkan). Subjek dalam penelitian ini merupakan anak dengan autis yang mengalami keterlambatan dalam perkembangan bahasa reseptif dan bahasa ekspresif, yang mana menurut hasil asesmen perkembangan bahasa menggunakan millestone perkembangan bahasa usia anak 6 tahun namun bahasa yang dimiliki setara dengan anak usia 18 bulan.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan bahasa reseptif dan bahasa ekspresif anak autis melalui penerapan intervensi musik vokal "a" dan "i". Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif jenis Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A, sistem pencatatan data menggunakan observasi langsung dengan pencatatan skala penilaian (rating scale), seting penelitian ini dilakukan di Rumah Belajar Galuh. Teknik analisis data menggunakan analisis visual grafik meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi musik vokal /a/ dan /i/ efektif meningkatkan kemampuan bahasa reseptif dan bahasa ekspresif, berdasarkan dengan nilai proporsi keberhasilan yakni sebesar 50% pada bahasa reseptif dan 76,5% pada bahasa ekspresif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat praktis bagi orang tua, pendidik, dan terapis dalam mendukung perkembangan bahasa anak autis melalui pendekatan yang menyenangkan dan terstruktur.