Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan literasi finansial pada peserta didik. Pendidikan tentang keuangan atau literasi finansial baik di lingkungan sekolah masih belum dilakukan secara merata dan maksimal. Minimnya pendidikan keuangan di lingkungan sekolah menjadi salah satu faktor utama. Berdasarkan praktik dilapangan guru mengalami kesulitan dalam mengintegrasikan literasi finansial ke dalam modul ajar. Bahan ajar atau konten materi yang dibuat juga belum menyesuaikan dengan budaya setempat semakin memperumit upaya meningkatkan literasi finansial siswa. Kurangnya pemahaman ini dapat menghambat pengajaran yang komprehensif tentang keuangan kepada siswa di masyarakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan. Penelitian dan pengembangan (Research anda Development) dimaksudkan untuk menghasilkan suatu produk. Tahap penelitian dapat dirinci sebagai berikut: (1) tahap pra lapangan atau tahap persiapan, (2) tahap lanjutan, pengembangan bahan ajar berbasis kehidupan sosial ekonomi masyarakat banjar, (3) tahap pasca lapangan di mana tim peneliti melakukan penyusunan laporan.
Kegiatan peneitian diawali dengan penelitian dasar dengan mempelajari kondisi sosial ekonomi masyarakat Banjar yang menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan literasi finansial peserta didik. Luaran hasil penelitian ini akan menghasilkan artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal terakreditasi sinta.