dc.description.abstract |
Salah satu layanan yang diberikan oleh Unit Layanan Disabilitas Pusat
Pengembangan Pendidikan Inklusif (ULD-P3I) Universitas Lambung Mangkurat
ialah aktivitas pendampingan yang dilakukan oleh volunteer. Namun sejak
pembelajaran dalam jaringan (daring), membuat orang tua juga berperan sebagai
pendamping di rumah. Dibutuhkan kolaborasi antara volunteer dengan orang tua
dalam pendampingan pembelajaran daring agar tercapainya keberhasilan untuk
memberikan layanan yang tepat bagi mahasiswa berkebutuhan khusus (MBK).
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kolaborasi volunteer dengan orang
tua dalam pendampingan pembelajaran daring bagi MBK di Universitas Lambung
Mangkurat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data berjumlah 8
orang, 4 orang volunteer dan 4 orang tua MBK. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan
melakukan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Triangulasi
sumber dari hasil wawancara dan dokumentasi menjadi teknik keabsahan data pada
penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 2 orang volunteer dan 2 orang tua
MBK melakukan kolaborasi dalam pendampingan yang dilakukan sebelum, saat,
dan sesudah pembelajaran daring. Kolaborasi sebelum pembelajaran daring
dilakukan dengan membuat kesepakatan untuk menentukan batasan dan bentuk
keterlibatan dalam pendampingan sebelum pembelajaran daring dan saling terlibat
dalam mengingatkan presensi serta jadwal kuliah. Kolaborasi saat pembelajaran
daring dengan saling berbagi peran dan memilih gagasan yang terbaik dalam
menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh MBK saat sedang mengikuti
perkuliahan. Kolaborasi sesudah pembelajaran daring dilakukan dengan
mendiskusikan tugas dan permasalahan hasil belajar MBK. Terdapat kendala dalam
melakukan kolaborasi yaitu perbedaan pemikiran dan kurangnya komunikasi yang
disebabkan karena kesulitan menentukan waktu diskusi. Sebagian besar kendala
orang tua adalah perasaan tidak nyaman jika sering menghubungi volunteer.
Kendala lainnya yaitu volunteer berasal dari angkatan serta kelas yang sama,
sehingga terbatas informasi dan pengalaman volunteer. |
en_US |