Repo Dosen ULM

Efektifitas Penggunaan Video Pembelajaran Berbasis Universal Design For Learning (UDL) Pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila

Show simple item record

dc.contributor.author Huda, Nurul
dc.date.accessioned 2024-07-11T01:38:42Z
dc.date.available 2024-07-11T01:38:42Z
dc.date.issued 2024-05-31
dc.identifier.issn 2540-8712
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/35480
dc.description.abstract Universal Design for Learning (UDL) adalah sebuah konsep dalam menjawab tantangan keberagaman kebutuhan dan kemampuan mahasiswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas video pembelajaran dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis UDL. Penelitian ini merupakan penelitian fenomenologis deduktif yang berdasarkan peristiwa natural saat dilakukan penelitian dan pengumpulan data berlandaskan fakta alamiah dilapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran pada mata kuliah Pendidikan Pancasila sebagai media pembelajaran yang dilakukan oleh dosen menciptakan proses pembelajaran yang aktif dan komunikatif. Penggunaan video pembelajaran juga dapat membantu dosen dalam kegiatan pembelajaran dan mengelola kelas, dimana tidak hanya mahasiswa regular, tetapi juga terdiri dari mahasiswa berkebutuhan khusus (MBK). Sehingga, penggunaan video pembelajaran pada mata kuliah Pendidikan Pancasila berbasis UDL memberikan efektifitas dalam pembelajaran. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan en_US
dc.subject Media Pembelajaran, Video Pembelajaran, Universal Design for Learning (UDL) en_US
dc.title Efektifitas Penggunaan Video Pembelajaran Berbasis Universal Design For Learning (UDL) Pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila en_US
dc.title.alternative - en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account