Repo Dosen ULM

Cognitive moral: Merangsang perkembangan perilaku moral siswa sekolah dasar melalui pendekatan kognitif

Show simple item record

dc.contributor.author Prihandoko, Yogi
dc.date.accessioned 2024-07-10T23:14:54Z
dc.date.available 2024-07-10T23:14:54Z
dc.date.issued 2023-03-23
dc.identifier.issn 2502-1648
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/35479
dc.description.abstract Anak usia sekolah dasar memasuki fase kritis pada perkembangan fisik dan mentalnya. Perkembangan teknologi informasi yang cepat menjadi kekhawatiran orang tua pada saat anak-anak tidak bisa melepaskan ketergantungan dari kemudahan yang ditawarkan teknologi.. Pendidikan moral di sekolah memiliki peran yang vital, saat kesibukan orang tua serta kecepatan penyebaran informasi dapat dengan mudah meracuni moral anak. Cognitive moral menjadi salah satu solusi tepat untuk membelajarkan moralitas. Pendekatan cognitive moral merupakan pembelajaran moral yang menekankan pada aspek penalaran dan pengambilan keputusan-keputusan untuk pemecahan masalah yang berkaitan dengan moral. Pengambilan keputusan tersebut tidak hanya didasarkan pada pilihan dan pemikiran spontanitas, namun menuntut pertimbangan yang merupakan proses kognisi kompleks. Tujuan dari pendekatan ini adalah merangsang perkembangan penalaran moral siswa menuju jenjang di atasnya sampai menuju kematangan moral. Kohlberg konsisten merumuskan teori tingginya penalaran moral seseorang berdampak pula pada kematangan moral, termasuk pada komponen tindakan (acting) dan perhatian (caring) moralnya. Operasionaliasi pendekatan ini dalam pembelajaran adalah menggunakan pengembangan cerita dilematis moral yang sesuai dengan taraf perkembangan siswa serta konteks kehidupan sehari-hari. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Graduate School, Universitas Negeri Yogyakarta en_US
dc.subject cognitive moral en_US
dc.subject pendidikan moral; en_US
dc.subject sekolah dasar en_US
dc.title Cognitive moral: Merangsang perkembangan perilaku moral siswa sekolah dasar melalui pendekatan kognitif en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account