Repo Dosen ULM

Edukasi Metode Cara Belajar Insan Aktif (CBIA) untuk Meningkatkan Pengetahuan Ketahanan Pangan dalam Kesiapsiagaan Bencana

Show simple item record

dc.contributor.author Rahayu, Atikah
dc.contributor.author Laily, Nur
dc.contributor.author Wulandari, Anggun
dc.contributor.author Susanto, Wetha Exavarani
dc.date.accessioned 2024-06-19T12:39:37Z
dc.date.available 2024-06-19T12:39:37Z
dc.date.issued 2021-11-02
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/34854
dc.description.abstract Sebagian besar wilayah di Kalimantan Selatan berada dalam lokasi rawan bencana banjir. Banjir mengakibatkan berbagai permasalahan, termasuk masalah gizi. Berdasarkan analisis situasi, beberapa permasalahan yang dialami mitra adalah remaja belum mempunyai mengetahui pentingnya pemilihan makanan yang baik sebagai persiapan makanan, cara penyimpanan makanan dalam menghadapi banjir, cara mengelola kebersihan makanan dan peralatan makanan, cara menyelematkan makanan saat terjadi banjir, dan remaja belum mempunyai mempunyai kesiapsiagaan mengenai ketahanan pangan dalam menghadapi bencana. Berdasarkan solusi atas permasalahan di atas, maka tujuan utama yang akan dilakukan adalah untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan. Adapun pendekatan yang digunakan adalah dengan Metode Cara Belajar Insan Aktif (CBIA) atau Community Based Interactive Approach. CBIA merupakan metode penyampaian informasi yang melibatkan subyek secara aktif yaitu dengan mendengar, melihat, menulis, dan melakukan evaluasi tentang hal yang diinformasikan. Peserta dalam kegiatan ini berjumlah 38 orang. Hasil kegiatan menunjukan bahwa terdapat 24 (75%) peserta kegiatan yang mengalami peningkatan pengetahuan. Sedangkan terdapat 12 (25%) peserta yang nilai sebelum dan sesudah penyuluhan masih tetap. Sedangkan, secara uji statistik juga menunjukan adanya perbedaan pengetahuan antara sebelum dan sesudah dilakukannya edukasi gizi untuk ketahanan pangan dalam rangka kesiapsiagaan bencana banjir melalui cara belajar insan aktif (CBIA) secara signifikan (p-value=0,0001). Kegiatan pendidikan kebencanaan di sekolah perlu dilaksanakan secara efektif, dinamis dan implementatif dalam meningkatkan kemampuan warga sekolah, untuk mampu mengurangi dampak resiko bencana di sekolah dan di lingkungan masing-masing en_US
dc.language.iso other en_US
dc.subject Kesiapsiagaan bencana, banjir, ketahanan pangan, metode cara belajar insan aktif en_US
dc.title Edukasi Metode Cara Belajar Insan Aktif (CBIA) untuk Meningkatkan Pengetahuan Ketahanan Pangan dalam Kesiapsiagaan Bencana en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Prosiding [905]
    Repositori untuk bidang Prosiding

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account